Motto

Senin, 15 Februari 2016

Festival Ketupat Ramaikan Praktek Perkuliahan Kuliner

Festival ketupat bisa menjadi ikon kuliner Indonesia yang menarik perhatian bagi masyarakat dan mahasiswa Tristar Institute yang ada di Kota Wisata Batu. Kegiatan ini menjadi ajang publikasi kepada masyarakat luas bahwa belajar kuliner di Tristar Institute Kota Wisata Batu bisa memberikan inspirasi dan membekali mahasiswa untuk menjadi tenaga-tenaga profesional di bidang kuliner yang berjiwa wirausaha. Lantas apa yang menarik dari kegiatan festival ketupat yang diselenggarakan oleh mahasiswa Tristar Institute Kota Wisata Batu?
Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ditahun 2016, budaya wirausaha terus dikembangkan di lingkungan kampus. Dengan adanya tuntutan itu maka reorientasi yang diharapkan adalah bagaimana menanamkan jiwa wirausaha kepada mahasiswa sehingga setelah lulus mereka mempunyai mental wirausaha. Atas dasar kepentingan tersebut, Tristar Institute Kota Wisata Batu menyelenggarakan pameran kreasi karya mahasiswa yang tertuang dalam konsep “Festival Ketupat”, kegiatan ini diharapkan dapat lebih menggugah dan memotivasi mahasiswa untuk menciptakan kegiatan wirausaha yang kreatif. 

Tristar Institute Kota Wisata Batu memperkenalkan kegiatan festival ketupat sebagai budaya kuliner Indonesia yang memberikan banyak warna. Dengan melibatkan para dosen kuliner yang profesional, seperti Chef Yuda, Chef Avi, Chef Pamungkas (ketua ICA Batu), serta didukung oleh Ibu Tri, Ibu Mistin (ketua Diknas Kota Batu) dan perwakilan beberapa hotel rekanan sebagai tim penilai, kegiatan festival ketupat mampu menjadi daya tarik kuliner serta meningkatkan promosi pariwisata.

Dijelaskan oleh Chef Yuda, bahwa festival ketupat adalah salah satu dari rangkaian materi yang ada di Tristar Institute kota wisata Batu di akhir pertemuan tiap minggunya (fine dinning, festival nasi kuning, buffet simulation, dll) yang menjadi ciri khas dari Tristar Institute kota wisata Batu. Dimana mahasiswa menyajikan makanan dalam festival ketupat seperti ini yang dilombakan dengan tujuan mengasah kreatifitas dan inovasi mahasiswa dalam menampilkan suatu karya dalam sajian masakan sesuai tema yang ditentukan.

Dengan mengusung konsep Indonesian cuisine, dimana materi ini sudah diajarkan sehingga mahasiswa di tuntut menuangkan kreasinya (tampilan) di menu-menu khas lebaran yang telah tertera di sylabus pengajaran dengan menghadirkan suasana khas lebaran di tempat digelarnya acara, tepatnya di meeting room Tristar Institute Batu.

Lantas keistimewaan hidangan apa yang disajikan dalam festival ketupat? “Sebenarnya menu yang di sajikan adalah menu-menu khas lebaran pada umumnya seperti, ketupat, opor, ayam goreng, dll, hanya kemasan serta kreatifitas dari para mahasiswa lah yang memberikan nuansa unik dan menawan dalam festival ketupat kali ini” lanjut Chef Yuda.


Sebagai bentuk cinta dan bangga atas kekayaan kuliner, Festival ketupat ini mengajarkan berbagai hal inovasi, kreatifitas, melayani tamu yang sebenarnya mirip nuansa food bazaar yang sedang nge-trend di kota-kota besar dengan menggunakan stal-stal makanan yang dihias dengan unik dan menarik perhatian customer di samping kelezatan dan keunikan makanan yang ditawarkan sehingga mahasiswa bisa terbiasa untuk mengikuti kegiatan – kegiatan tersebut dengan digelarnya festival ketupat ini.



Kegiatan ini diceritakan oleh Chef Yuda, sebanyak 30 mahasiswa yang terlibat dalam pagelaran ini menggambarkan kerja team yang benar-benar kompak. Karena festival ini di kompetisikan antara kelas culinary di kota wisata Batu tentu saja ada unsur ketegangan, kekompakan tim dalam membuat ketupat, suasana dapur yang benar-benar hidup, kreatifitas para presenter (penyaji makanannya) yang menggunakan bahasa Jawa, Inggris dan Indonesia. Wah, pastinya seru kegiatan ini…



Walaupun acara ini berlangsung selama 1 hari diharapan mahasiwa Tristar Institute Kota Wisata Batu dapat terus mengembangkan inovasi dan kreatifitasnya di bidang seni kuliner ini serta dapat menjadi chef-chef tangguh dan entrepreneur yang sukses di bidang kuliner. 
*Upi

Untuk mengetahui tempat pendidikan kuliner yang tepat buat kamu di Kota Wisata Batu dan sekitarnya, silahkan hubungi :

Tristar Institute Kota Wisata Batu
Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10 – 12
Malang – Jawa Timur
Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081216181016 – 081234506326 
BB Pin. 2A1CE131 – 27ECEFD1 - 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.sekolah-kuliner.com

1 komentar:

Posting Komentar