Motto

Kamis, 21 Januari 2016



 

Kenali Beragam Tanaman Rempah dan Fungsinya

Kemewahan apalagi yang bisa ditemui di kampus Tristar Institute Kota Wisata Batu kali ini? Dilahan kebun seluas kurang lebih 5.000 m, Tristar Institute Kota Wisata Batu menyimpan sejuta potensi mengenai berbagai jenis tanaman rempah serta fungsinya yang bisa dimanfaatkan dalam dunia kuliner.

Daun Basil

Berada di kawasan wisata, kampus Tristar Institute Kota Wisata Batu menyajikan pemandangan alam yang indah, nyaman dan sejuk, baik pada area perkantoran, laboratorium, maupun pada kebun koleksi. Berikut beberapa jenis tanaman rempah yang biasa dijumpai dalam pengolahan makanan mancanegara, antara lain:

Daun Basil, tanaman rempah dari India ini memiliki rasa ringan dan manis. Nama “basil” dalam bahasa Yunani berarti “raja”. Banyak ahli kuliner menyebut basil sebagai ramuan masakan kerajaan. Daun basil biasanya dipakai untuk memunculkan aroma masakan, terutama yang baru dipetik. digunakan dalam masakan dan dikonsumsi sebagai daun s
egar untuk lalapam, teh herbal, bubuk kering, atau campuran ramuan obat. Hidangan yang populer memakai basil, adalah menu pasta, salad buah, pizza margarita, serta sup tomat.


Daun Rosemary
Daun Rosemary, tanaman ini berasal dari Eropa yang tumbuh dihawa sejuk. Daunnya runcing tajam seperti jarum dengan bunga berwarna ungu. Aromanya yang harum membuat rempah ini mudah dipadu dengan berbagai bahan makanan dan menjadi bumbu wajib dalam hidangan mediterania. Tanaman bernama latin rosmarinus officialis, sering dipakai untuk bumbu sup, masakan berbahan daging, atau saus perendam.



Daun Dill
Daun Dill, daun beraroma khas ini berasal dari mediterenia dan Asia Barat. Daunnya seperti cemara. Dipakai sebagai penambah harum pada masakan berbahan dasar ikan, karena bisa menghilangkan bau amis. Daun dill juga bisa dipakai untuk sup dan acar. Agar aromanya awet, tambahkan cincangan daun dill saat masakan akan disajikan

Daun Oregano
Daun Oregano, Beraroma wangi dan khas. Mirip kemangi, tapi lebih kecil. Oregano cocok untuk pasta, saus, masakan seafood, topping pizza, dan hidangan daging. Kuliner Eropa akrab dengan oregano. Topping pizza dan steak akan kehilangan ciri khasnya jika tak pakai oregano. Oregano juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, antiseptik, dan meringankan migrain. Di pasaran banyak dijual kering.













Daun Peterseli

Daun Petersely, daun ini sering dipakai untuk garnish. Punya warna hijau gelap dengan batang pendek, petersely memiliki aroma segar menggoda sehingga mampu menonjolkan rasa dari setiap hidangan. Namun, tidak demikian dengan peterseli kering, yang tidak memiliki rasa sama sekali. Hidangan yang populer memakai parsley, adalah sup pure, ikan panggang, serta menu daging dan sayuran dengan garnish parsley.



Daun Mint

Daun Mint, daun herbal ini paling sering dipakai karena punya rasa citarasa yang segar. Rasa peppermint yang khas memiliki aroma dan rasa yang khas. Pemakaian daun mint bisa untuk makanan pembuka hingga makanan penutup. Daun mint juga kerap dipakai pada olahan minuman, mulai teh, cocktail, dan susu. Juga, kerap dipakai sebagai garnish. Hidangan paling populer memakai daun mint, seperti meringues peppermint dan mint pesto. Untuk minuman dan makanan penutup, antara lain chocolate mint, mojito, dan mousse pie mint julep cream.



Ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai jenis tanaman rempah? Tristar Institute Kota Wisata Batu memberikan inspirasi dan membekali mahasiswa untuk menjadi tenaga-tenaga profesional di bidang kuliner, perhotelan dan pariwisata, yang berjiwa wirausaha, memiliki integritas yang tinggi, berwawasan lingkungan dan berkualitas internasional. Tunggu apalagi segera dapatkan persembahan dari Tristar Institute Kota Wisata Batu ini sebagai wadah dalam hal pendidikan. *Upi


Tristar Institute Kota Wisata Batu
Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10 - 12


Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081357866283 – 081234506326
BB Pin. 2A1CE131 – 2B517ECB - 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

0 komentar:

Posting Komentar