Motto

Selasa, 17 Mei 2016

Kunjungan Ke Pabrik Susu KUD Batu dan Ciptakan Kerjasama Kuliner Jajanan

Debut sekolah kuliner ‘Tristar Institute’ yang berada di Kota Wisata Batu kini makin mengembangkan jiwa usaha dalam menciptakan peluang bisnis dibidang ‘food tourism’. Pasalnya destinasi wisata Kota Batu banyak yang bisa di eksplore sehingga dapat menimbulkan kesan tersendiri. Seperti inilah keceriaan tim Tristar Institute Kota Wisata Batu saat wisata edukasi ke Pabrik Susu KUD Batu - Malang yang bisa diceritakan:

            Berlokasi di jalan Bukit Berbunga No. 10 – 12 Batu, Malang, tim Tristar Institute Kota Wisata Batu sebanyak 7 orang, diantaranya ada Bapak Ir. Juwono Saroso, MM selaku owner Tristar Institute, lalu ada Bapak Indra, Bapak Andrean, Bapak Hendra, Bapak Hendrik, Chef Yuda, dan Chef Vivi berkunjung ke Pabrik Susu KUD Batu. Orientasi kegiatan ini bertujuan untuk mengenal secara detail bagaimana proses produksi susu sapi dan produk yang dihasilkan oleh KUD Batu itu sendiri.


Dikatakan oleh Bapak Ir. Juwono Saroso, MM selaku owner Tristar Institute, dengan kunjungan ini tim Tristar Institute Kota Wisata Batu bisa melihat dari dekat proses produksi koperasi susu yang mana hasil produknya bisa diolah menjadi beragam makanan. Dan makanan ini bisa menjadi peluang bisnis kuliner jajanan yang dapat dibuat oleh mahasiswa Tristar Institute sambil berlatih entrepreneur.  
Bertandang di pabrik pengolahan susu KUD – Batu yang dikelola oleh Bapak Adrian Sembodo ini memiliki tempat yang cukup luas. Hamparan lahan seluas sekitar 4 (empat) hektar ini dimaksimalkan sebagai sarana pabrik susu, yang juga nantinya sebagai tempat wisata edukasi yang ada kaitannya dengan pengolahan susu.


Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Adrian Sembodo, bahwa dilahan pabrik pengolahan susu ini proses yang digunakan dalam pemerahan susu sapi Koperasi Susu KUD Batu Kabupaten Malang identik dengan menggunakan cara manual. Sapi yang diperah, tidak diternakkan di lahan tersebut, melainkan diternakkan di desa sekitar Koperasi Susu tersebut. Koperasi Susu hanya sebagai tempat proses produksi saja.


Dan berikut ini merupakan beberapa proses-proses produksi yang terdapat di KUD Batu yang dapat di dokumentasikan: Gambar di atas merupakan mesin yang dipergunakan dalam proses produksi susu di KUD Batu Kabupaten Malang. Begitu banyak fasilitas-fasilitas mesin yang digunakan harus benar-benar steril dan terbuat dari bahan yang berkualitas seperti stainless steel.



Untuk produk yang dihasilkan oleh KUD “Batu sendiri adalah susu pasteurisasi (susu yang didinginkan dan tidak mengandung bahan pengawet) dan yoghurt dimana proses produksinya sangat higienis dengan merek Nadhi Murni.

Setelah puas jalan-jalan mengelilingi lahan pabrik pengolahan susu KUD – Batu, tim Tristar Institute dan Bapak Adrian Sembodo, sambil duduk santai dan ngobrol-ngobrol, sepakat untuk menjalin kerjasama membuat kuliner jajanan berbahan susu pasteurisasi dan yoghurt produksi oleh KUD Batu yang bisa dijadikan oleh-oleh khas kota Batu.  


Nah, konsep bisnis kuliner jajanan kini bisa menyedot perhatian para wisatawan yang berkunjung di kota Batu. Diungkapkan oleh Chef Yuda ddan Chef Vivi, ada banyak kuliner jajanan berbahan susu dan yoghurt yang bisa dibuat lebih menarik. Seperti beberapa contoh jajanan berikut ini, ada Roti karakter dalam cup, Roti Kembar Siam, Bolu Karakter, Pai Susu Karakter, Bakpau Karakter, Puding Rainbow, dan masih banyak lagi.


Dari obrolan saat berkunjung di pabrik pengolahan susu KUD – Batu, ada banyak ide kuliner jajanan yang bisa diciptakan. Hal ini nantinya bisa menjadi media belajar bagi mahasiswa Tristar Institute dalam menciptakan peluang bisnis dibidang kuliner jajanan. Jadi segera gabung dan nikmati kenyamanan belajar dengan nuansa alam yang ada di Tristar Institute Kota Wisata Batu untuk bisa jadi pilihan pendidikan kuliner & bisnis. *Upi
Tristar Institute Kota Wisata Batu
Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10 – 12
Malang – Jawa Timur
Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081216181016 – 081234506326 
BB Pin. 2A1CE131 – 27ECEFD1 - 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.sekolah-kuliner.com

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda yang mengenai "Kunjungan Ke Pabrik Susu KUD Batu dan Ciptakan Kerjasama Kuliner Jajanan".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus