Motto

Kamis, 21 Januari 2016




Belajar Berbisnis Sambil Kuliah

Kuliah sambil berbisnis? Kini sudah banyak yang melakukannya, tapi seringkali pertanyaan yang muncul, mau berbisnis seperti apa sewaktu kuliah? Di Tristar Institute Kota Wisata Batu, mahasiswa/i diajak belajar memulai berbisnis makanan (Enterpreneur). Salah satu jenis usaha yang dipilih adalah bisnis kuliner dengan food truck.


Sebagai lembaga pendidikan kuliner yang professional di Batu, Tristar Institute Kota Wisata Batu menerapkan kenyamanan tempat belajar. Dengan menggunakan metode praktek produk setiap hari yang berbasis pada mutu dan kompetensi berstandar internasional, Tristar Institute Kota Wisata Batu juga menyertakan pendidikan entrepreneur (kewirausahaan) dalam kurikulumnya.

Pendidikan entrepreneur (kewirausahaan) kini semakin digalakkan di lingkungan kampus, hal ini agar lulusannya mampu mengembangkan jiwa usaha yang ditunjang dengan kemampuan skill yang dimiliki. Mahasiswa diberikan pendidikan secara lebih intensif, mengingat kesempatan kuliah sambil kerja yang bisa dilakukan di Batu, setiap weekend banyak wisatawan domestik maupun internasional yang mengunjungi Kota Wisata Batu sehingga menjadi pangsa pasar yang bagus sekali untuk wirausaha mahasiswa.



"Dengan pendidikan dan pelatihan entrepreneur di kampus, mahasiswa/i dibekali kemampuan dalam melihat peluang bisnis supaya para lulusan tidak berpikir hanya berburu pekerjaan, tetapi juga menciptakan peluang berusaha karena sudah dilatih di kampus. Kegiatan ini merupakan media belajar dalam bentuk simulasi usaha ke depannya dan juga melatih kekompakan atau kerja team" ungkap Chef Yuda Agustian yang sehari-hari mengajar kuliner dan bertanggung jawab di kampus Tristar Institute Kota Wisata Batu.



Fenomena sekarang menunjukkan bahwa entrepreneur (kewirausahaan) adalah suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari dan diajarkan untuk merealisasikan praktek bisnis sambil berinovasi mengikuti trend kuliner yang sedang berkembang.
Nah, konsep bisnis kuliner yang mulai menyedot perhatian mahasiswa/i Tristar Institute Kota Wisata Batu adalah berbisnis makanan di atas mobil atau biasa disebut food truck yang menjadi tren baru bisnis kuliner saat ini. Dosen kuliner, Chef Yuda Agustian menyebut bahwa fenomena tersebut unik karena usaha kuliner itu dapat diolah lebih menarik dan bisa menjadikan enterpreneur lebih kreatif.



“Dikampus ini kegiatan entrepreneur (kewirausahaan) dibagi menjadi 5 kelompok dengan ‘brand’ yang unik-unik, ada Haplahap, Stand Cup Ride, Collage Chicken, Meri (aneka olahan ayam) dan Jebret Nusantara. Yang tak kalah menarik adalah produk makanan dan minuman yang mereka jual tampil beda dari yang lainnya dan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu contoh minuman, mereka ada yang menyajikannya dalam kemasan kekinian yakni dalam wadah plastik infus. Jadi bisa dibayangkan bagaimana menikmatinya” lanjut Chef kelahiran Batu 22 Agustus 1991 ini.



Lantas dimana para mahasiswa/i Tristar Instutute Kota Wisata Batu ini memasarkan produk usahanya? Chef Yuda memaparkan bahwa kegiatan entrepreneur (kewirausahaan) ini dilakukan setiap hari jumat dan sabtu di basecamp kampus. Bahkan mereka juga memanfaatkan media social sebagai media promosi menerima delivery atau pesanan hingga ke Bandung dan Batam. Dalam pemasarannya, para mahasiswa kita bebaskan untuk mencari konsumen, sehingga tak jarang mereka harus jemput bola dengan mencari sejumlah titik keramaian konsumen, seperti di instansi perkantoran atau tempat rekreasi Jatimpark atau BNS.

Nah, sebagai contohnya bisnis kuliner dengan menggunakan food truck. Menurut dia, food truck bisa menjadi daya pikat dan bisa mobile dibeberapa tempat keramaian, seperti di tempat rekreasi. Selain itu, food truck membuat konsumennya merasakan sensasi yang berbeda. Selain jenis kulinernnya unik, penyajiannya kadang nyleneh. Semakin berbeda, makin menarik perhatian,” pungkasnya.






Anda ingin bisa seperti mereka ? Segera gabung dan nikmati kenyamanan belajar dengan nuansa alam yang ada di Tristar Institute Kota Wisata Batu untuk bisa jadi pilihan pendidikan kuliner & bisnis. *Upi


Tristar Institute Kota Wisata Batu
Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10 – 12
Malang – Jawa Timur


Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081216181016 – 081234506326
BB Pin. 2A1CE131 – 27ECEFD1 - 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
Email: tristarkuliner@yahoo.co.id
www.tristarculinaryinstitute.com
www.sekolahmasak.info
www.majapahit.org
www.sekolah-kuliner.com
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar